Internet sudah menjadi kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Tanpa
internet, mungkin manusia tidak akan bisa hidup. Begitu pula dengan bisnis.
Bisnis sekarang tidak hanya terbatas tentang membuka toko dan menjual barang.
Bisnis model sekarang bahkan dapat membuat usahawan mempunyai toko meskipun dia
tidak punya lahan. Ya, dengan toko online, semua bisa diatur. Karena kebanyakan
bisnis sekarang adalah bisnis online, maka diperlukan strategi baru dalam
marketing. Salah satunya adalah Search Engine Marketing.
Apa yang dimaksud dengan search engine marketing? Untuk
menjawabnya, pertama-tama kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan search
engine. Search engine adalah mesin pencari—jika diterjemahkan secara bebas ke
dalam bahasa Indonesia. Jadi, maksud dari istilah strategi marketing tersebut
adalah beriklan di mesin pencari. Situs toko online Anda akan muncul di samping
hasil penelusuran ketika seorang user mengetik kata kunci untuk mencari
informasi. Tentu saja dengan catatan bahwa kata kunci yang diketikkan juga
terdapat dalam nama website Anda, atau berhubungan dengan website Anda.
Dewasa ini jumlah mesin pencari sudah sangat banyak. Yang biasa
digunakan orang mungkin adalah Google, Yahoo, Bing, dan masih banyak lagi yang
lainnya. Kontak saja salah satu dari mesin pencari tersebut dan ikuti prosedur
untuk beriklan di mesin pencari. Mungkin setiap mesin pencari punya cara yang
berbeda dalam mengiklankan bisnis seseorang.
No comments:
Post a Comment